Baksos Cuci AC Gratis Untuk Musholla

1 0
Read Time:1 Minute, 44 Second

Jakarta oh Jakarta, makin panas beud dah ah nih kota. Mencoba pakai kipas angin dengan merk tornado, berharap bisa membawa angin panas pergi, tapi yang terjadi malah mereka reuni bareng di kamar, ampunn beibehh.
Akhirnya guwe pesan lah ac dengan merek samsung berharap bisa nelp sekaligus nonton tv, hahaha. Setelah guwe beli unit ac nya, gw panggil lah teknisi ac yang sudah handal, yaitu Teknisi Master Ac. Gw pilih Pak Rakip yang bantu masangin ac dirumah. Gw pesen pemasangan cukup pesen lewat WA aja, hehehe. Praktis jaman now.
“Pak Rakip, Senen pasangin ac guwe yah ? ” Minta guwe ke beliau
“Siab kong, jam 9 pagi yah” saut beliau di WA
“Hokehhh”

Malam senin dia ngabarin lagi, bahwa dia bisanya jam 2, dikarenakan ada Baksos Gratis Cuci Ac mushollah.
“Konggg, sorry jam 2 yah, ini dadakan ada baksos cuci ac di beberapa musholla warakas, maap yahh” Pak Rakip info ke guwe.
“Lanjutkenn Banggg, amannn lapan enem” jawab guwe.
Master Ac memang punya agenda rutin dan sering mengadakan baksos cuci gratis ac untuk musholla dan masjid. Mereka agendakan sebagai bentuk komitmen kebaikan dan rasa syukur sebagai teknisi ac. Sebenarnya baksos ac ini sudah dikenalkan kepada mereka setelah pertama kali lulus pelatihan teknisi ac. Mereka punya kewajiban untuk praktek cuci ac di beberapa masjid dan musholla. Akhirnya pun mereka keterusan, menjadi hal yang kurang, kalo dalam sebulan gak ada baksos ac buat masjid atau musholla.
Setiap menjelang bulan Ramadhan, Teknisi Master Ac pun diminta oleh Amanah Astra untuk membersihkan Masjid dan Musholla di beberapa titik. Ini sebagai bentuk persiapan kenyamanan ibadah untuk jamaah.
Kembali ke laptop. Akhirnya ac guwe pun dipasang sama Pak Rakip dan sohibnya Bang Slamet. Rapih pekerjaanya dan cepat juga. Harga jasanya 350 ribu per unit Ac. Rencana kedepan gw mau pasang Ac di kamar mandi, tapi takut disangka sombong, wkwkwkw.
Angin dingin pun berhembus merasuk ke pori pori kulit, berharap nih kulit makin mengkilap tapi nyatanya makin mencilak, hahaha.
Baiqqss, begitu saja cerita anuan yang positif sore ini. Selamat berlibur akhir tahun, semoga Allah Swt berikan keberkahan untuk kita semua, Aamiiin.

Jakarta, 26 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Happy Trip Amanah Astra 2023

1 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

“Eh kita belum ke tempat pembuatan mie..,ayoo kesono yuk” ajak siswa binaan teman kelompoknya.

Kidzania menjadi pilihan tempat untuk happy trip tahun ini. Banyak edukasi edukasi yang bagus dan menarik.kita bisa menjadi  peran peran yang kita mau, bisa sebagai petugas pemadam kebakaran, pembuat roti, penyiar radio, ada juga bagaimana menjadi pembalap bahkan bangkir dan banyak lagi wahana wahana peran profesi pekerjaan.
“Eh kita belum ke tempat pembuatan mie..,ayoo kesono yuk” ajak siswa binaan teman kelompoknya.
Ini adalah momen tahunan yang selalu ditunggu oleh siswa siswi binaan Perusahaan Grup Astra wilayah jabodetabek. Momen ini diadakan oleh Yayasan Amaliah Astra, divisi Amanah Astra Layanan Amanah Astra. Tentu nya melibatkan semua DKM Masjid Grup Astra Jabodetabek.
Kenapa sih diadakan di setiap akhir tahun ?, yabs karena musim liburan siswa, dan satu lagi apa ayooo…?Yabs, Karyawan grup Astra mendapatkan tambahan gaji atau bonus di akhir tahun, Amanah Astra mengajak muzakki untuk menyisihkan sedikit rizki untuk mereka, anak anak dhuafa. Bentuk kegiatannya adalah mengajak anak anak dhuafa ke tempat wisata edukasi. Momen happy trip sebelumnya kita pernah ke TMII, Gelanggang Samudra Ancol, dan lain lain.
1000 an siswa dan siswi sejabodetabek ikut serta dalam happy trip tahun ini. Dengan Kakak pendamping sejumlah 200 orang. Kaka pendamping sendiri terdiri dari karyawan grup astra, koordinator sekolah, mahasiswa Poltek Astra,  Anak Anak tunas unggul amanah astra.
Seru dan bahagia bercampur terlihat di wajah mereka. Ada rasa yang gak bisa diungkapkan, seperti rasa yang pernah ada dan ga bisa dilupakan..hahhahaayyy.Bisaaa ajak kang cilorr, wkwkwkwk.
Selain sarapan, makan siang , makan sore, mereka di berikan sovenir tas sekolah yang keren. Tentunya momen inj akan selalu menjadi cerita seru untuk mereka ingat.
Banyak sekali Perusahaan Grup Astra yang bergabung, karena memang begitu banyak value positif yang bisa mereka rasakan.
Adapun tugas saya disana adalahhhhh memastikan bahwa -tidak ada rasa rindu yang tertinggal-, Hahaha.
Terima Kasih banyak buat semua, semoga Allah Swt meridhoi ikhtiar kebaikan kita semua.

Ahad, 24 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Khitanan Massal PT TD Compresor Indonesia (TACI)

0 0
Read Time:1 Minute, 41 Second

Khitanan merupakan syariat yang diwajibkan khusus bagi kaum pria Muslim.  Yabs buat kita pria sejati yang punya jati diri, yang gampang jatuh hati, dan sering jatuh harga diri, hahaha. Wajib kita laki laki muslim untuk sunat atau khitan. Cukup sekali seumur hidup, kecuali mau memperbaiki ukirannya, hahaha.
Pagi ini yang cerah dan menawan seperti muka guwe yang glowing, seperti ketika  abis terima  gajian, heuh. Kali ini guwe kedapatan tugas dari tim buat support event Khitanan Massal PT TACI. 64 anak laki yang akan di khitan, dengan rata rata umuran SD, klo seumuran kuliah bukan di sunat tapi di gedig, wkwkwkw.
Acara ini terselenggara dengan Kolobarsi DKM Al Kautsar PT TACI dengan Yayasan Amaliah Astra, dan tentunya di support oleh Manajemen PT TACI. Jam 6 pagi panitia dan peserta sudah berdatangan, karena acara akan di mulai jam 7 pagi. Hadir Ibu Susanti Dewi-Vice Presiden dan Ibu Endah- General Manager HR GA yang ditemani oleh  Pak Iwan Sofwan -Ketua DKM. Panitia gabungan ini terdiri dari Karyawan PT TACI dengan Tim Yayasan Amaliah Astra. Dan tugas guwe adalahhhh…menyatukan hati yang terurai, hehehe.
Panitia sangat rapih dan apik menyiabkan kegiatan ini, dari disiabkan acara dongeng sambil menunggu antrian di khitan, setelah di khitan diberikan es krim, tas beserta isi alat tulis, celana dalam batok , dan juga uang santunan.
Haru bercampur bahagia nampak terlihat di kedua wajah orang tua mereka, anak yang telah di khitan memang menjadi moment yang luar biasa bagi seorang ayah dan ibu. Ucapan banyak terima kasih selalu mereka sampaikan ke Panitia. Kite doakan semoga adik adik kita menjadi Anak yang Sholeh, Aamiin.
Alhamdulillah saat ini kami dibantu 5 Dokter ahli,  sehingga palayanannya aman dan cepat. Jam 11an siang sudah selesai semua anak dengan lancar dan aman. Sempet guwe ditawarin khitan lagi, tapi kan kasian dokter nya, disangka guwe anak memedi nih..hahaha.
Baiqsss, Alhamdulillah Terima Kasih Banyak Manajemen dan DKM Al Kautsar PT TACI atas kolaborasi dengan Yayasan Amaliah Astra. Ditunggu kembali event lanjutannya yahhh.

Cibitung, 23 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Pelatihan Teknisi AC

0 0
Read Time:3 Minute, 11 Second

Pelatihan Teknisi Ac 

Program Pemberdayaan Ekonomi pastinya menjadi tantangan di lembaga manapun. Banyak jenis program, dari pelatihan membuat aneka kue dan masakan, pelatihan barber shop, pelatihan bisnis loundry, pertanian, teknik service motor atau mobil, ada juga service ac, kulkas, gosokan dll.

Tentu semua program dijalankan, diharapkan agar peserta mampu memperbaiki kehidupan ekonomi nya dari ilmu atau keterampilan yang telah mereka dapatkan. 

Banyak tantangan di setiap programnya, mungkin dari 100 yang kita ikut sertakan , yang berhasil bisa dibawah 50 %. Memang banyak faktor yang menyebabkan keberhasilan program pemberdayaan ekonomi. Bisa jadi salah satunya adalah faktor programnya yang tidak tepat, SDM nya tidak serius, kondisi lingkungan, dan lain lain.

Amanah Astra juga mengalami beberapa tantangan dalam hal program pemberdayaan. Program bibit kerang hijau, Program service Hape, Program Loundry, Program penggemukan hewan qurban. Dan semua itu sudah dijalankan beberapa tahun lalu,  walau pada akhirnya sudah tidak dilanjukan kembali program nya. Banyak faktor yang membuat sebuah program pemberdayaan akhirnya berhenti. 

Amanah Astra tidak pernah berhenti mencari jenis program terbaik untuk pemberdayaan. Pelatihan Teknisi Ac akhirnya menjadi pilihan program di awal tahun 2014. Yabs sekarang sudah menghasilkan 1000 an teknisi ac sampai tahun 2023 ini. Hampir 10 tahun pemberdayaan ini berjalan dengan tingkat keberhasilan di atas 70 %, bahkan lebih. Apa rahasianya sehingga kok bisa menjadi program pemberdayaan ekonomi yang tergolong sukses dan mampu berkembang dan berkelanjutan.

Amanah Astra memiliki Pelatih pelatih yang mumpuni secara keilmuan, dari masalah merawat, memperbaiki bahkan caranya membuka pasarnya. Pelatih tugasnya bukan saja melatih tetapi memotivasi, mendampingi sampai beberapa bulan kedepan. Pelatihan nya full 10 hari , dari jam  8 pagi sampai jam 5 sore. Setelah ikut pelatihan selama 10 hari, akan diajak untuk baksos bersih ac gratis di beberapa masjid terdekat, wowoow emejings. Selain menanamkan nilai spiritual juga bisa praktek sekalian. Kemudian ada program pendampingan selama 2 bulan, dengan cara di tempelkan dengan senior senior yang sudah jadi. Teknisi senior akan mengajak teknisi yang baru dalam mengerjakan proyek proyek pengerjaan ac. Sehingga program pendampingan menjadi hal sangat penting salam sebuah program pemberdayaan ini. Alat alat pekerjaan ac pun diberikan kepada meraka, full. Dari steamer, tangga lipat, dan lain lain. 

Anda tau Master Ac ?, mungkin terdengar asing di telinga kita. Yabs  Master AC adalah komunitas yang dibentuk Amanah Astra. Fungsinya adalah menjadi rumah komunitas bersama yang saling memberi manfaat dan juga sharing ilmu, bahkan menjadi ajang berbagi proyek proyek pekerjaan. Master ac menjadi komunitas yang begitu penting, menjadi rumah bersama seluruh alumni pelatihan, yang jumlahnya 1000 an. 

Okee, selain pelatih yang handal serta empaty,  pendampingan yang terus menerus, alat alat yang diberikan untuk bekerja, komunitas yang dibentuk, dan masih banyak lagi tentunya yang membuat program ini berjalan dan berkelanjutan.

Oh iya, pasar teknisi ac adalah menjadi faktor utama juga. Percuma program bagus, cuma pasarnya kecil dan tidak berulang. Ac  dikota kota besar menjadi kebutuhan sekunder mendekati primer. Dari gedung pemerintahan, perkantoran, apartemen, rumah sakit, sampai rumah pribadi serta kontrakan.  Pasarnya sangat besar dan luas  serta juga berulang. Karena merawat ac adalah hal utama dan berulang. Misal nyuci ac minimal 3 bulan sekali, belum service, belum pemasangan unit ac baru. 

Apakah program ini bisa merubah perekonomian ?. Yabs tentu bisa dan sudah banyak yang berhasil. Yang dulu nya berpanghasilan dibawah 1 juta, sekarang sudah diatas 10 juta perbulan. Dan itu gak satu orang, banyakkk. Ya itu karena masih luas dan terbukanya pasar perawatan ac.

Pelatihan teknisi ac pun sudah dilakukan dibeberapa provinsi, dari Aceh, Lampung, Kalimantan, Sulawesi dan juga pastinya pulau Jawa. Mudah mudahan tahun tahun berikutnya lebih banyak lagi teknisi ac yang di hasilkan. 

Bismillah semoga Allah Swt memberikan keberkahan dan keridhoan untuk ikhtiar kita semua. Menjadi amal  kebaikan yang selalu mengalir, baik untuk donatur pribadi, perusahaan serta pelatih dan semua pihak yang terlibat kebaikan ini, Aamiiiin. 

Jakarta, 22 Desember 2023

Kong Mamat

The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Istri Yang Terlupakan

1 0
Read Time:2 Minute, 59 Second

Judulnya udah kaya sinetron film hidayah yaks, wkwkwkw. Yabs kali ini guwe akan bercerita kisah lucu temen karyawan senior di kantor guwe dulu bekerja. Ini kisah nyata yang kalo guwe teringat kembali, guwe pasti ketawa sendiri, hahaha.

Di minggu pagi yang cerah di Jakarta bagian Timur, Pak Yusep selalu mengisi aktifitas pagi liburnya dengan memandikan burung burung yang dimilikinya. Dari jenis burung perkutut sampai burung yang tidak bisa disebutkan namanya, hahaha. Pak Yusep sendiri tergolong memiliki umur masih muda, yah sekitar 47 tahunan. tapi dengan umur segitu dia memiliki sifat pelupa yang kadang kebangetan.

Di Pagi itu sang istri mengajak Pak Yusep untuk pergi berbelanja baju di Mall di sekitaran Stasiun Senen Jakarta Pusat. Sang Istri ingin membeli pakaian baru untuk keluarganya menyambut Iedul Fitri yang dinanti nanti.

” Pak, Siang ini kita ke Mall deket Stasiun Senen yah, Ibu mau beli baju buat anak anak, persiapan lebaran ” Ajak semangat Sang Istri.

“Siabbb Istriku sayang, nan cantik jelita, bagai artis korea,  yang wajahnya selalu bercahaya, tapi kalo lagi marah udah kaya pendekar 212, hahaaha” jawab Pak Yusep berkelakar.

“Deuh, bisa ajaa bapak, lama lama saya lempar panci nih, hahaha.  Jam 10 kita jalan yah Pak” teges sang istri

Berangkatlah mereka ke Mall, dengan menaiki motor kesayangan Pak Yusep, Motor Rx King Jadul. Di saat sedang berbelanja, Pak Yusep minta untuk beristirahat, tetapi Istrinya tetap ingin terus berbelanja. Akhirnya Pak Yusep menunggu sang istri ditempat makan saja. Cerita punya cerita Pak Yusep ingin ke toilet. setelah di toilet entah bagaimana cerita nya, dia langsung ke parkiran Mall, kemudian dia menaiki motornya, dia pulangsss tanpa mengajak sang istri pulang, yang saat itu masih bergulat mencari pakaian untuk keluarganya.

Sampailah beliau ke rumahnya, distandar motor di depan rumahnya. Sambil berteriak .

” Assalamualaikum, Ibu bukain pintu, bapak udah sampe, Ibuuu bukain pintu !! lamaa amatt” ucap Pak Yusep sambil kesel.

Suara panggilan Pak Yusep terdengar tetangganya.

” Pak Yusep, ada apa ? ” tanya tetangganya, Emak Rodiah.

” Bini kite kemana sih, emak liat gakk? , ini dipanggil kaga nyaut pisan ” ucap kesel Pak Yusep

” Loh loh, bukannya tadi pagi pergi bareng Pak Yusep yah, boncengan naik motor pakai helm juga..” Emak rodiah tanya balik

“Lahhhhh..Emakkk..Bini guwe ketinggalan di Emollll..Huaaaaaa..” Pak Yusep teriak sambil ketawa nangis.

” Dasar lagi edan..bini kok ketinggalan, semprul..wkwkwkw” ketawa Emak Rodiah.

Pak Yusep menjemput kembali sang istri.  Bagai pembalap Motor GP, motor di gass poll dengan kecepatan tinggi bak cahaya, gakkk pake rem gak pake ban, lampu merah di trabas, lawan arah ga papa yang penting jangan lawan orang tua, eh salah yah, wkwkwkw.

Sampai lah Pak Yusep di Mall, beliau mencari istrinya. ketemulah istri nya dipojok toko, dengan wajah merah, bak singa yang kelaparan.

” Bapak, dari manaaaaa? Ibu nyariiin, katanya nunggu di tempat makan..!” tanya kesel sang istri.

” Anu Ibu, Anu…Bapak lupa, abis dari toilet bapak langsung pulang ke rumah, bapak lupa kalo lagi nemenin kamu belanja, tak pikir bapak abis nganter buku pesanan kantor ” jawab cengengesan Pak Yusep

” Bapakkkkkkk…huaaaa.Ibu tampol yahhh, dasarrrrrr !!!!!!!!, huaaaaa.., awas nanti nyampe rumah, ibu bejek bapak, kayak adonan donat !!!” jawab istri keselll sambil ngeluarin air mata.

Pak yuseppp, hahahah, parah beud dah ah. Dan banyak lagi cerita lucu tentang tingkah lupa nya yang kebangetan. Pernah antar barang bawa mobil kantor ke tempat customer, eh dia pulang nya naik ojek. Pas ditanya temannya dikantor, ” Pak Yusep, mobil kemana ?. “Eh Iya guwe lupaa bawa mobil yah tadi” jawab Pak Yusep sambil kembali lagi ambil mobil yang ditinggal..wkwkwk.

Begitulah kisah nyata Pak Yusep yang patut kita tiru, hahahaha. Oh Istriku yang tertinggal…..!!!

Jakarta, 22 Desember 2023

Kong Mamat

The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Siswa Terbelakang

1 0
Read Time:2 Minute, 49 Second

“ Dayat, loeh bego banged sih. Gini aja gak bisa..!” ucap temen sebangku ketika guwe tidak bisa menjawab soal matematika.

Sekolah bukan sekedar tempat kita menuntut ilmu, disana kita berlomba lomba bagaimana menjadi orang pintar dan mendapatkan nilai bagus. Sekolah juga terkadang tempat bagaimana menunjukan eksistensi diri. Berharap Guwe yang paling unggul atau guwe yang paling okeeh dalam hal pergaulan. Terkadang kita terdorong bagaimana caranya diterima di sebuah pertemanan. Dan semua menurut guwe, wajar sih. karena menjadi naluri manusia yang senang bergaul dan terkadang kompetitif dalam beberapa hal.

Guwe sendiri melihat setiap anak berbeda potensi atau kemampuan. Setiap anak juga memiliki karakter yang tidak seragam, bisa jadi dia mudah bergaul, rame orangnya tetapi ada juga anak yang sukanya menyendiri, tidak percaya diri. Ada anak yang pintar dan cepat dalam menangkap mata pelajaran dan ada juga anak yang gak bisa nangkap cepat ilmu pelajaran. Banyak faktor tentunya seorang anak yang mempengaruhi hal tersebut.


Jika anak itu pintar, mudah bergaul, cerdas, maka kita gak akan pusing dengan anak seperti ini. Tetapi kalau anak tersebut tertinggal secara kemampuan baik pelajaran dan pergaulan, inih yang repot.


Guwe sendiri pernah merasakan menjadi anak yang sangat terbelakang secara kemampuan pelajaran yang efeknya juga jadi tidak pandai bergaul. Merasakan menjadi orang yang gak bisa berfikir akan jawaban yang benar menjawab soal pelajaran. Merasakan menjadi orang yang memilik tulisan dokter, katanyaaaah, hahaha. Rangking ke 32 dari jumlah siswa 30, wkwkwkw. Merasa diri ini tak berharga, karena tidak ngerti dalam menangkap materi pelajaran. “dayat, loeh bego banged sih. Gini aja gak bisa..!” ucap temen sebangku guwe ketika guwe tidak bisa menjawab soal matematika. Hancur betul hati guwe saat itu, huft, saat itu guwe kelas 4 disalah satu SD Negeri di Cilincing. Dan ada yang parah lagi adalah ketika ada koreksi bersama dimana kita tuker tukeran hasil jawaban dari soal, gak ada yang mau periksa..huaaaa!, Itu karena tulisan guwe jelek banged dan yang kedua guwe siswa yang bodoh.


Guwe kira banyak sekali siswa siswa yang punya pengalaman yang tidak mengenakkan. Ada yang bisa bertahan dan ada juga yang gagal bertahan. Geraldy Tan, beliau penulis buku Pengabdi Netijen yang best seller. Beliau bercerita dibuku tersebut, bagaimana dirinya menjadi seorang yang sangat terpuruk dalam pertemanan dan juga kepercayaan diri.Tapi beliau mampu bertahan dan berkisah pengalamannya ketika masih kecil dan mampu bangkit dari keterpurukan dalam pergaulan.


Guwe sendiri mulai bangkit secara kemampuan menangkap mata pelajaran ketika guwe dilatih guru ngaji guwe, dengan cara menghafal ayat ayat suci Al Qur’an. Entah kenapa kok, guwe jadi agak lumayan otak guwe. Agar enceran gituh, kaya santen kentel dikasih air sebaskom, wkwkwk. Guwe mulai agak naik secara pelajaran dan pergaulan di mulai dikelas 5. Di SMP guwe sudah rangking 3 besar. SMA kembali ke titik “Nol” wkwkwkw.


Apakah guwe masih marah dengan kehidupan guwe yang dulu, jawabannya adalah Tidakkkk. Tapi yang guwe yakinin adalah Allah Swt memberikan ujian sesuai dengan kemampuan hambanya, sebagai bentuk tempaan bagi guwe, agar guwe kuat dalam berbagai tantangan kehidupan. Dan guwe gak akan menjadi bagian dari orang orang yang suka menganggap rendah seseorang dari kemampuan seseorang dalam hal hal yang tidak dia kuasai. Guwe yakin setiap manusia punya potensi yang berbeda beda. Dan guwe mengajarkan anak anak guwe, agar menjadi pribadi yang sholeh, kuat dan membantu orang lain. Tidak merendahkan orang lain , jika dia terdapat kekurangan.


Tumben yah, guwe ngomong nya lurus, udah kaya jalan toll , wkwkwkw.

Jakarta, 21 Desember 2023
Kong Mamat

The Marbots


Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Jengkol Kalimantan

0 0
Read Time:1 Minute, 37 Second

” bang, klo ini jengkol asal kalimantan, secara rasa nya beda sama jengkol jawa dan jambi…” Terang Kang Jengkol

Pagi ini guwe antar bini ke pasar, untuk membeli daging cincang buat pesenan kue. Emank bini guwe, tukang kue snack box dengan berbagai menu. Dapur diah merknya, heheh promo yah..wkwkw.

Sambil gw menunggu bini beli bahan baku kue, gw pun berhenti menunggu, saat itu gw nunggu di depan tukang spesialis jualan jengkol. Pokoknya klo peredaran jengkol susah, dia pasti ada. Hahaha. Gw sendiri penikmat jengkol, mau di masak apapun ituh jengkol, gw pasti suka. Bagi guwe orang betawi, klo sampai gak suka jengkol, dipertanyakan nasab nya..hahaha.

Lagi asyik ngeliatin abangnya melayani yang beli, dia ngajak ngobrol guwe. ” Bang, klo ini jengkol asal kalimantan, secara rasa beda sama jengkol dari jawa dan jambi..” ucap yakin sang penjual jengkol. Woow, guwe pun pun kagett, selaku penikmat jengkol dari saat di dalam kandungan emak, hahaha. Kata beliau bedanya adalah rasa jengkol jawa jambi lebih manis. Deuh, kok bisa jengkol ada manis manisnya, hehehe. “Pokoknya beda lah bang..” teges dia. Gw pun manggut manggut aja, secara dia penjual jengkol tahunan.


Dia pun bercerita klo beli jengkol dipasar induk, semua jengkol dari semua daerah bahkan dari Kalimantan , Jambi kumpulnya di pasar induk. Adapun akad jual beli dengan distributor dengan sistem bayar belakangan, atau ada tempo waktunya. Dia cerita, gak bisa langsung beli ke petani jengkol, itu karena masing masing ada bandar nya, ibaratnya ada kelas distributor dan kelas retail lah.


Tapi yang gw ingin sampaikan adalah untuk masalah pilihan jengkol pun ada ilmunya. Terkadang guwe yang awam, taunya jengkol yah rasanya sama, tergantung bumbunya, ternyata guwe salah. Dan yang unik, yang guwe tinggal di jakarta, itu jengkol bisa dari luar daerah pulau jawa, emejings. Dan tukang jengkolnya pun menjelaskan masalah pengetahuan perjengkolan dengan semangat dan tanpa guwe nanya terlebih dahulu. Kereenn loeh bang, semangattt selalu dalam menjual jengkol yang tua dan pulen, wkwkwk.

Jakarta, 20 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Shopping With Yatim Dhuafa

0 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

Pagi yang cerah di daerah Simpang Yasmin Bogor. Jam 7 pagi guwe sudah bergegas dari cilincing menuju yasmin. Bareng bocil dan bini yang ikut, tentunya menambah suasana yang asyik. sempat kelewat keluar toll seharusnya yasmin malah terus ke arah parung…emakkk helppp..hiks. mungkin guwe sangking semangatnya kali yaks.
Yah pagi ini memang guwe akan menghadiri acara donasi anak anak yatim . Tapi eits tunggu dulu, inj bukan acara sekedar memberikan uang kemudian selesai. Shopping with yatim adalah sebutan acaranya. Ini adalah kegiatan mengajak anak anak yatim dhuafa belanja bareng, membeli kebutuhan perlengkapan sekolah. Kali ini mereka diajak ke Transmart Yasmin Bogor. Yabs mereka diajak kesini, karena mereka penerima yang tempat tinggal nya di wilayah Yasmin. Berjumlah lebih dari 100 orang, mereka semua sangat senang dan ceria. Mereka ditemani oleh kakak pendamping. Siapa itu kakak pendamping ?. Yabs mereka adalah karyawan dari Astra Head Offfice.
Acara ini adalah kolaborasi kegiatan sosial, Perisai Astra (Persaudaraan Islam Astra) dengan Amanah Astra. Maka acara ini sangat di support oleh Kakak Kakak Karyawan Astra. Sangat menginspirasi bagi mereka, bagaimana mereka menemani anak anak yatim dalam membelanjakan uang donasi senilai 200 ribu. Sangat seru dan rame bangedd. Bingung mereka mau beli apa, bisa jadi selama ini mereka belum pernah membeli kebutuhan sekolah secara mandiri. Memilih, membawa dalam keranjang, kemudian membayarnya di kasir. Pengalaman yang bisa jadi, tidak pernah hilang di ingatan mereka.
Manajemen Transmart Yasmin juga sangat support mendukung acara ini. Mengatur flow anak anak, menambah kasir bahkan mereka ikut memberikan makanan snack gratis ke anak anak yatim. Yabs, sungguh luar biasa, kasih jempol buat manajemen Transmart Yasmin. Semoga tahun depan bisa belanja lagi disni.
Alhamdulillah tidak terasa 2 jam lebih mereka sudah berkutat di tempat ini. Selain uang belanja yang mereka dapatkan, tas sekolah juga akan mereka dapatkan. Semoga kolaborasi kebaikan ini menjadi amal kebaikan dan juga membawa hal positif buat adik adik. Dan tentu kita berharap keridhoan serta keberkahan Allah SWT meliputi kegiatan ini, Aamiiiin

Jakarta, 17 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Podcast Anuan😄

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

Jaman Now, siapa yang tidak kenal istilah podcast. banyak youtuber atau konten kreator membuat podcast dengan berbagai konsep, dari bentuk ngobrol formal sampai santai, dari konsep dengan ruang yang menarik sampai bentuk nya warungan. Yabs, podcast menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk selalu diulik. Podcast Dedy Corbuzier adalah contoh podcast yang sangat sukses dan terkenal. Kemudian banyak artis dan juga konten kreator ikut membuat podcast podcast. Banyak juga lembaga bisnis atau lembaga sosial juga ikut membuat podcast sebagai bentuk media digital.
Gw coba beberapa kali membuat konten ngobrol dengan kamera hape dan juga mic boya kabel, kaya mic jaman bahela, wkwkwkw. Hasil mah ,jangan di tanya? Bagus ? Kagaaa..wkwkwk.
Loeh bisa lihat youtube guwe, Kong Mamat. Banyak konten campur ini. Dari konten camping, pelatihan keuangan, ngobrol santai, jalan jalan makan, sampai konten belah buah nangka, hahaha.
Hari ini gw lagi ada proyek rodo serius sama tim, yaitu membuat podcast untuk Masjid Astra. Dengan setting ruangan yang kudu ciamik, kamera yang rodo profesional, mic yang bagus, pencahayaan, pc yang strong, di tambah gimik gimik yang joss.
Ternyata ga semudah itu, ferguso. Yang selama ini gw kira cuma pasang kamera dan mic yang bagus sudah cukup, ternyata tidakkk. Whosss!. Yabs ternyata banyak settingan di sisi alat dan kelengkapan lainnya. Yang kedua bagaimana membuat tema tema konten podcast. bagaimana juga mengulik agar diskusi menjadi asyik dan menarik.
Bismillah dan semangat serta terus belajar adalah modal utama Podcast Masjid Astra. Berharap menjadi manfaat bagi semua, menjadi inspirasi buat semua. Doakan semoga hasil nya baik dan sukses menjadi salah satu Podcast Masjid yang mewarnai dunia per-podcast-an. Aamiiin

Jakarta, 16 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Budak Netijen

0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

Guwe mau cerita bagaimana guwe bisa  ketemu buku ini dan guwe suka. Awalnya gw sama keluarga ke perpustakaan cikini, daerah jakarta pusat. Asyik tempatnya dan buku nya juga oke oke. Gw paling suka buku tentang pengenbangan diri atau sejarah ataupun biografi tokoh tokoh. Buku budak netijen ini ada diantara buku buku sejarah, hehehe. Buku nya sudah agar lecek, mungkin karena sering dibaca orang orang.
Buku ini unik menurut guwe, karena gaya penulisannya bebas dengan gaya tulisan anak muda gaul cuma gak lebay. Dibungkus dengan candaan dan juga ejekan yang lucu. Buku ini membahas perjalanan hidup penulisnya. Yabs dia Geraldy Tan seorang konten kreator. Story telling nya dapat , memudahkan kita mencerna isi tulisannya.
Buku ini tujuannya adalah membangun kepercayaan diri setiap pembacanya. Perjalanan hidup penulis di jadikan sebuah kisah babak belur kehidupan sejak kecil sampai remaja. Dari cerita bagaimana dia lahir sampai menjalani kehidupan di sekolah dasar, smp.sma sampai kuliah yang salah jurusan. Di ceritakan tentang banyak hal yang sangat memalukan tetapi dibungkus dengan khas candaan anak jaman now yang lucu, tapi kita dapat apa yang dimaksud. Sehingga kisah sedih menjadi kisah lucu, tapi kita paham, bisa jadi kita pernah mengalaminya.
Bagaimana dia pernah mencret di kelas, sampai dia merasakan jatuh cinta  sendiri, hahaha.
Gw lagi sedang  asyik asyik nya baca buku ini, anak guwe minta pulang. Mereka lafarrr sodaraaa, hehehe. Gw awalnya mau pinjam buku ini, tapi guwe pikir beli aja deh nti di toko buku. Oh ternyata tidak semudah itu ferguso. Gw udah tanya ke Gramedia, ternyata sudah tidak ada. Gw cari di aplikasi playstore tapi bentuknya ebook dan  gw kurang suka. Sudah hampir 3 bulam berlalu, yah gw lupakan buku ini. Sampai ketemu temen, dia bilang cari aja di shopee atau tokped. Dan ternyataaaa adaaa, deuh once guwe yah..wkwkwkw.
Yabs guwe beli buku tersebut, gw baca ga sampai 2 jam selesai. Dan sekali lagi buku ini bagus buat kita yang mungkin merasa tidak percaya diri, atau down ketika menghadapi ujian kehidupan. Dengan melihat kehidupan orang lain , kita bisa belajar banyak hal.
Okeee gaesss…ini cerita guwe bagaimana gw bisa ketemu dan suka buku ini. Terima Kasih buat Koh Geraldyn.

Jakarta, 15 Desember 2023
Kong Mamat
The Marbots

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %